PEKAN RAYA TEKNIK MESIN UNESA 2013

" RAIH MIMPIMU BERSAMA TEKNIK MESIN UNESA "
Home » » REGULASI SHOW BIKE COMPETITION PRTM 2013

REGULASI SHOW BIKE COMPETITION PRTM 2013

Written By PRTM 2013 on Kamis, 31 Oktober 2013 | 06.02





REGULASI KONTES UNESA SURABAYA - BY OTOTREND

KELAS :
1. PEMULA / BEGINNER
2. FUNKY
3. STREET RACING
4. OLD SCHOOL

==============

KELAS PEMULA / BEGINNER

UMUM
1.   Untuk modif modifikator pemula, baik tipe bebek, bebek matic, matic dan sport yang dimodif minimalis.
2.   Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, tema, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal.
3.   Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi.
4.   Bodi, kaki, dan mesin tidak boleh dikrom, anodized, cat krom atau poles. Kecuali aksesoris standart pabrikan.

BODY
5.   Maks bodi standart motor + aksesoris variasi toko.
6.   Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang 2 spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom standar kepolisian (bukan buatan sendiri).
7.   Diharuskan ada speedometer, headlamp, signlamp dan stoplamp. Dianjurkan part standartnya. Lampu dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis, tidak boleh berlebihan. Tapi tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor standar aslinya dan wajib dipasang lampu.
8.   Bodi harus standar, boleh diganti warna tampilan polos atau efek minimalis.
9.   Cat bunglon, mutiara, hologram, glitter, xyralic, efek-efek diperbolehkan, kecuali:  two tone, Tri kolore, ghost flame, motif Hot wheel, dub city, tidak diperbolehkan.
10. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker/pinstrip/digital print dan dianjurkan tidak berlebihan. Body fully cutting stiker, fully digital printing & two tone blok tidak diperbolehkan.
11. Airbrush total, krom bodi, cat krom, krom yang dicandy tone  “Tidak diperbolehkan”.
12. Mencoak bodi diperbolehkan sepanjang tidak frontal, hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.  
13. IBE tidak diperbolehkan !


KAKI
14. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar, giga disc, Buell disc asesoris toko, pelek variasi dan “tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”.
15. Modifikasi kaki jadi monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok. ( Jupiter MX, Tiger New, Satria FU dll )
16. Pengereman dibatasi ; maksimal single cakram depan & belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan. “Tidak boleh dikrom atupun dipoles!” 
17. Pelek - tromol diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom, CNC ataupun dipoles” kecuali merk variasi tertentu semisal Evo dan kipas yang memang sudah diproses poles dari pabriknya.
18. Untuk matic tidak diperbolehkan memakai velg palang non matic R-17, kecuali variasi khusus matic R-17. Pelek model jeruji almu diperbolehkan, bisa memakai ukuran R-17.   Ruji tidak boleh dicustom / diplintir dll.
19. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
20. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
21. Orbital, gardan, transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm custom, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
MESIN & ASESORIS

22. Asesoris serba multi tidak diperbolehkan.
23. Asesoris dibatasi : satu stabiliser, satu oil cooler, satu tachometer dan sepasang gauge meter. Variasi / pernak-pernik mobil/custom, contohnya: filter bensin, sekring audio, towing bar, hod pin kit, dll tidak boleh berlebihan.
24. Kalter, blok mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor kaliper,  dan tangki “tidak boleh dikrom atau poles! Kecuali produk variasi.”
25. Pijakan kaki/footpegs, batang footpegs, standar motor, behel,  starter kick tidak boleh dikrom/poles, kecuali dari standarnya.
26. Finishing detail dengan cara “teknik laminasi paper model karbon dan sejenisnya” tidak diperbolehkan, kecuali dilapis stiker atau dicat dengan matras kasa.   
27. Braket aklirik custom, engsel almari dilarang.
28. Knalpot bisa diganti variasi, kecuali custom made dilarang.
29. Baut-baut dan ring bisa diganti variasi atau Posh asal “Tidak boleh dikrom”.
30. Baut L boleh, tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
31. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”







KELAS FUNKY (NON TRANSFER)

UMUM

1.   Kelas modifikasi motor baik bebek, sport, matik  / skuter, yang dimodif funky minimalis. Tujuannya kelas ini bagi motor modif minimalis, biasa dipakai harian.
2.   Model/style bebas, termasuk high profile, minimalis, Dub City, Hot wheels, low rider, Jap’s Style, Retro Style, motor thailand, road race, motor ceper, dll.
3.   Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal.

BODY
4.   Maksimal “bodi masih orsi motor" dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
5.   Transfer body / kawin silang “body part” dengan varian motor apapun tidak diperbolehkan.
6.   Lampu dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis. Boleh ganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek standar aslinya dan wajib dipasang lampu.
7.   Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal.
8.   Aplikasi fibertrens custom hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris dan pendukung bodi dalam skala kecil (sebatas head lamp, visor, stop lamp dan spatbor). Kedok buta - lampu bajak laut diperbolehkan, asal tetap memakai lampu. 
9.   Aplikasi krom body diperbolehkan.

KAKI-KAKI
10. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc dan Buell disc asesoris toko.
11. Untuk kaki-kaki motor matik, maksimal pada penggantian asesoris seperti tabung sok, cakram, panel kontrol, CVT boks dll.
12. Aplikasi pengereman, maksimal dobel disc depan dan single disc belakang sebelah kanan. Untuk matik, rem belakang bisa dipindah ke sebelah kiri.
13. Multi kaliper dalam satu disc tidak diperbolehkan.
14. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
15. Orbital, gardan, transfer system baru, cantilever, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
16. Untuk matik, perubahan konstruksi monosok diperbolehkan (pro-link, center monosok, right monosok).
17. Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
18. Untuk matik, perubahan kaki dari 14 inchi ke diameter yang lebih besar atau lebih kecil diperbolehkan (8/10/12/16/17 inch) 


ASESORIS
19. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris khas Dubcity / Hotwheels seperti blink-blink, kulit, logo, berlian, luxurius aseso ataupun trend aseso terbaru dan fresh menambah poin penilaian.    
20. Aplikasi IBE tidak diperbolehkan, kecuali disisipkan (dimasukkan) dalam jok sebagai pelengkap/pemanis.
21. Monel, baut L, emblem, Swarovsky, Posh diperbolehkan.
22. Multi karbu untuk asesoris tidak diperbolehkan.


KELAS STREET RACING

1.   Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, bisa bebek / sport / matic model racing minimalis.
2.   Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3.   Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
4.   Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
5.   Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
6.   Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).   
7.   Finishing maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), krom rangka diperbolehkan.
8.   Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body, namun tidak frontal.
9.   Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
10. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
11. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan. 
12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan fungsional.

KELAS OLD SCHOOL

1.   Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis motor ( bebek, sport, matic, vespa ), yang sudah mengalami perombakan dari standarnya atau dirombak total / custom.  Maksimal kapasitas mesin 250cc.
2.   Konsep dan desain harus jelas, boleh ganti kelamin/transeksual. Bisa mengaplikasi body custom berbahan fiber glass/plat/fiber.
3.   Gaya yang dianut bebas, boleh jap’s style, choppy cub / brat style, street cub, prostreet, vintage, retro, goose neck, scandinavian, bobber, cafe racer, oldschool atau low rider dll.
4.   Diperuntukan bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis sempurna, terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif dan komposisi/keserasian model juga diutamakan.
5.   Item penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas, cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi, trouble shooting, tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.
6.   Rangka/chasis utama ( main frame ) wajib disertakan. Subframe bisa dimodifikasi, atau subframe bikinan sendiri (custom/handmade)
7.   Body bebas dimodifikasi. Style bisa fibertrend 3D, moge, embos atau lainnya.  IBE diperbolehkan dlm skala terbatas.
8.   Kaki-kaki dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, penggerak baru tidak diperbolehkan, Penggerak/gardan custom haram, tetapi gardan eks standar motor bisa dipakai.
9.   Khusus drive belt, timing belt dan girboks tambahan diperbolehkan.
10. Limbah moge diperbolehkan, multi cakram, multikarbu, multi kaliper diperbolehkan.
11. Boleh menggunakan bodypart dan lampu merek apapun.
12. Mengutamakan modifikasi dari kaum modilover yang belum pernah ada, terutama dari segi konsep/desain dan inovasi/penemuan terbaru.  Inovasi yang ditampilkan harus bersistem jelas, tidak asal pasang, dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan). Mengutamakan performa universal, ide kreasi baru, trend anyar dan tips trick menaklukan sebuah masalah modifikasi motor.
13. Layak jalan dan fungsional. Dan “tidak boleh mengikuti kelas lain dibawahnya”.

0 komentar:

Posting Komentar