KELAS
:
1.
PEMULA / BEGINNER
2.
FUNKY
3.
STREET RACING
4.
OLD SCHOOL
==============
KELAS PEMULA / BEGINNER
UMUM
1. Untuk modif
modifikator pemula, baik tipe bebek, bebek matic, matic dan sport yang dimodif
minimalis.
2. Item penilaian
: performa semua bagian motor, kreativitas, tema, cat, stripping, pemakaian
aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama
keserasian universal.
3. Aplikasi
aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point
tinggi.
4. Bodi, kaki, dan
mesin tidak boleh dikrom, anodized, cat krom atau poles. Kecuali
aksesoris standart pabrikan.
BODY
5. Maks bodi
standart motor + aksesoris variasi toko.
6. Spesifikasi
modif “safety riding”, wajib pasang 2 spion, boleh aseso / standart motor.
Wajib pasang platnom standar kepolisian (bukan buatan sendiri).
7. Diharuskan ada
speedometer, headlamp, signlamp dan stoplamp. Dianjurkan part standartnya.
Lampu dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis, tidak boleh berlebihan.
Tapi tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol. Ganti
kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor standar
aslinya dan wajib dipasang lampu.
8. Bodi harus
standar, boleh diganti warna tampilan polos atau efek minimalis.
9. Cat bunglon,
mutiara, hologram, glitter, xyralic, efek-efek diperbolehkan, kecuali: two tone, Tri kolore, ghost flame, motif Hot
wheel, dub city, tidak diperbolehkan.
10. Stiker standar
pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker/pinstrip/digital print dan
dianjurkan tidak berlebihan. Body fully cutting stiker, fully digital printing
& two tone blok tidak diperbolehkan.
11. Airbrush total,
krom bodi, cat krom, krom yang dicandy tone
“Tidak diperbolehkan”.
12. Mencoak bodi
diperbolehkan sepanjang tidak frontal, hanya diperbolehkan untuk pendukung
pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
13. IBE tidak
diperbolehkan !
KAKI
14. Kaki-kaki “terbatas”
dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung
sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar, giga disc, Buell
disc asesoris toko, pelek variasi dan “tidak boleh dikrom ataupun
dipoles!”.
15. Modifikasi kaki
jadi monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah
ber-monosok. ( Jupiter MX, Tiger New, Satria FU dll )
16. Pengereman
dibatasi ; maksimal single cakram depan & belakang (sisi kanan untuk rem
belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan. “Tidak boleh dikrom atupun
dipoles!”
17. Pelek - tromol
diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom, CNC ataupun dipoles” kecuali
merk variasi tertentu semisal Evo dan kipas yang memang sudah diproses poles
dari pabriknya.
18. Untuk matic
tidak diperbolehkan memakai velg palang non matic R-17, kecuali variasi khusus
matic R-17. Pelek model jeruji almu diperbolehkan, bisa memakai ukuran
R-17. Ruji tidak boleh dicustom /
diplintir dll.
19. Boleh memakai
ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / slick. Tidak
dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
20. Sistem
penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
21. Orbital, gardan,
transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm custom,
V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
MESIN & ASESORIS
22. Asesoris serba
multi tidak diperbolehkan.
23. Asesoris
dibatasi : satu stabiliser, satu oil cooler, satu tachometer dan sepasang gauge
meter. Variasi / pernak-pernik mobil/custom, contohnya: filter bensin, sekring
audio, towing bar, hod pin kit, dll tidak boleh berlebihan.
24. Kalter, blok
mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor
kaliper, dan tangki “tidak boleh dikrom
atau poles! Kecuali produk variasi.”
25. Pijakan
kaki/footpegs, batang footpegs, standar motor, behel, starter kick tidak boleh dikrom/poles,
kecuali dari standarnya.
26. Finishing detail
dengan cara “teknik laminasi paper model karbon dan sejenisnya” tidak
diperbolehkan, kecuali dilapis stiker atau dicat dengan matras kasa.
27. Braket aklirik
custom, engsel almari dilarang.
28. Knalpot bisa
diganti variasi, kecuali custom made dilarang.
29. Baut-baut dan
ring bisa diganti variasi atau Posh asal “Tidak boleh dikrom”.
30. Baut L boleh,
tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
31. Jok dan covernya
bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes
“Tidak diperbolehkan”
KELAS FUNKY (NON TRANSFER)
UMUM
1. Kelas modifikasi motor baik bebek, sport, matik / skuter, yang dimodif
funky minimalis. Tujuannya kelas ini bagi motor modif minimalis, biasa dipakai
harian.
2. Model/style
bebas, termasuk high profile, minimalis, Dub City, Hot wheels, low rider, Jap’s
Style, Retro Style, motor thailand, road race, motor ceper, dll.
3. Item penilaian
: performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat/airbrush, stripping,
pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan,
dan keserasian universal.
BODY
4. Maksimal “bodi
masih orsi motor" dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
5. Transfer body /
kawin silang “body part” dengan varian motor apapun tidak diperbolehkan.
6. Lampu dan kedok
depan boleh dicustom fiber minimalis. Boleh ganti kedok merek dan jenis lain
atau style trondol. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi
merek standar aslinya dan wajib dipasang lampu.
7. Mencoak bodi
diperbolehkan, sepanjang tidak frontal.
8. Aplikasi
fibertrens custom hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris dan
pendukung bodi dalam skala kecil (sebatas head lamp, visor, stop lamp dan
spatbor). Kedok buta - lampu bajak laut diperbolehkan, asal tetap memakai
lampu.
9. Aplikasi krom body diperbolehkan.
KAKI-KAKI
10. Kaki-kaki “terbatas”
dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal
pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc
dan Buell disc asesoris toko.
11. Untuk kaki-kaki
motor matik, maksimal pada penggantian asesoris seperti tabung sok, cakram,
panel kontrol, CVT boks dll.
12. Aplikasi
pengereman, maksimal dobel disc depan dan single disc belakang sebelah kanan.
Untuk matik, rem belakang bisa dipindah ke sebelah kiri.
13. Multi kaliper
dalam satu disc tidak diperbolehkan.
14. Sistem
penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
15. Orbital, gardan,
transfer system baru, cantilever, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak
diperbolehkan"
16. Untuk matik,
perubahan konstruksi monosok diperbolehkan (pro-link, center monosok, right
monosok).
17. Harus
menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek
non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
18. Untuk matik,
perubahan kaki dari 14 inchi ke diameter yang lebih besar atau lebih kecil
diperbolehkan (8/10/12/16/17 inch)
ASESORIS
19. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak
dan mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris khas
Dubcity / Hotwheels seperti blink-blink, kulit, logo, berlian, luxurius aseso
ataupun trend aseso terbaru dan fresh menambah poin penilaian.
20. Aplikasi IBE
tidak diperbolehkan, kecuali disisipkan (dimasukkan) dalam jok sebagai
pelengkap/pemanis.
21. Monel, baut L,
emblem, Swarovsky, Posh diperbolehkan.
22. Multi karbu
untuk asesoris tidak diperbolehkan.
KELAS
STREET RACING
1. Kelas khusus motor modif aliran racing harian
/ racing funky, bisa bebek / sport / matic model racing minimalis.
2. Tidak dibatasi
kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak
dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item
penilaian utama.
3. Nosin dan noka
tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka
baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
4. Model racing
harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu
depan dan belakang.
5. Part body boleh
diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body
tidak diperbolehkan.
6. Aplikasi
stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc
dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
7. Finishing
maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna
nano-nano), krom rangka diperbolehkan.
8. Coak rangka dan
body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body, namun tidak frontal.
9. Pemakaian
komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil
cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris
mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
10. Penggerak
konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil
haram!
11. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar
pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan.
Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek
palang tidak diperbolehkan.
12. Aplikasi
asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes,
akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan
fungsional.
KELAS OLD SCHOOL
1. Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis
motor ( bebek, sport, matic, vespa ), yang sudah mengalami perombakan dari
standarnya atau dirombak total / custom.
Maksimal kapasitas mesin 250cc.
2. Konsep dan desain harus jelas, boleh ganti
kelamin/transeksual. Bisa mengaplikasi body custom berbahan fiber
glass/plat/fiber.
3. Gaya
yang dianut bebas, boleh jap’s style, choppy cub / brat style, street cub, prostreet, vintage, retro, goose neck, scandinavian, bobber, cafe racer, oldschool atau low rider dll.
4. Diperuntukan
bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis sempurna,
terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif
dan komposisi/keserasian model juga diutamakan.
5. Item
penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas,
cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi,
trouble shooting, tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.
6. Rangka/chasis
utama ( main frame ) wajib disertakan. Subframe bisa dimodifikasi, atau
subframe bikinan sendiri (custom/handmade)
7. Body
bebas dimodifikasi. Style bisa fibertrend 3D, moge, embos atau lainnya. IBE diperbolehkan dlm skala terbatas.
8. Kaki-kaki
dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, penggerak baru
tidak diperbolehkan, Penggerak/gardan custom haram, tetapi gardan eks standar
motor bisa dipakai.
9. Khusus
drive belt, timing belt dan girboks tambahan diperbolehkan.
10. Limbah
moge diperbolehkan, multi cakram, multikarbu, multi kaliper diperbolehkan.
11. Boleh
menggunakan bodypart dan lampu merek apapun.
12. Mengutamakan
modifikasi dari kaum modilover yang belum pernah ada, terutama dari segi
konsep/desain dan inovasi/penemuan terbaru.
Inovasi yang ditampilkan harus bersistem jelas, tidak asal pasang, dan
harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan). Mengutamakan performa
universal, ide kreasi baru, trend anyar dan tips trick menaklukan sebuah
masalah modifikasi motor.
13. Layak jalan dan
fungsional. Dan “tidak boleh mengikuti kelas lain dibawahnya”.
0 komentar:
Posting Komentar