KELAS PEMULA / BEGINNER
UMUM
1. Untuk
modif modifikator pemula, baik tipe bebek, bebek matic, matic dan sport yang
dimodif minimalis.
2. Item
penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, tema, cat, stripping,
pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling
utama keserasian universal.
3. Aplikasi
aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point
tinggi.
4. Bodi,
kaki, dan mesin tidak boleh dikrom, anodized, cat krom atau poles. Kecuali
aksesoris standart pabrikan.
BODY
5. Maks
bodi standart motor + aksesoris variasi toko.
6. Spesifikasi
modif “safety riding”, wajib pasang 2 spion, boleh aseso / standart motor.
Wajib pasang platnom standar kepolisian (bukan buatan sendiri).
7. Diharuskan
ada speedometer, headlamp, signlamp dan stoplamp. Dianjurkan part standartnya.
Lampu dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis, tidak boleh berlebihan.
Tapi tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol. Ganti
kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor standar
aslinya dan wajib dipasang lampu.
8. Bodi
harus standar, boleh diganti warna tampilan polos atau efek minimalis.
9. Cat bunglon, mutiara, hologram, glitter, xyralic, efek-efek diperbolehkan,
kecuali: two tone, Tri kolore, ghost
flame, motif Hot wheel, dub city, tidak diperbolehkan.
10. Stiker
standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker/pinstrip/digital
print dan dianjurkan tidak berlebihan. Body fully cutting stiker, fully digital
printing & two tone blok tidak diperbolehkan.
11. Airbrush
total, krom bodi, cat krom, krom yang dicandy tone “Tidak diperbolehkan”.
12. Mencoak
bodi diperbolehkan sepanjang tidak frontal, hanya diperbolehkan untuk pendukung
pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
13. IBE
tidak diperbolehkan !
KAKI
14. Kaki-kaki
“terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh
frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan
cakram besar, giga disc, Buell disc asesoris toko, pelek variasi dan “tidak
boleh dikrom ataupun dipoles!”.
15. Modifikasi
kaki jadi monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya
sudah ber-monosok. ( Jupiter MX, Tiger New, Satria FU dll )
16. Pengereman
dibatasi ; maksimal single cakram depan & belakang (sisi kanan untuk rem
belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan. “Tidak boleh dikrom atupun
dipoles!”
17. Pelek -
tromol diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom, CNC ataupun
dipoles” kecuali merk variasi tertentu semisal Evo dan kipas yang memang
sudah diproses poles dari pabriknya.
18. Untuk
matic tidak diperbolehkan memakai velg palang non matic R-17, kecuali variasi
khusus matic R-17. Pelek model jeruji almu diperbolehkan, bisa memakai ukuran
R-17. Ruji tidak boleh dicustom /
diplintir dll.
19. Boleh
memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / slick.
Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
20. Sistem
penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
21. Orbital,
gardan, transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm
custom, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
MESIN & ASESORIS
22. Asesoris
serba multi tidak diperbolehkan.
23. Asesoris
dibatasi : satu stabiliser, satu oil cooler, satu tachometer dan sepasang gauge
meter. Variasi / pernak-pernik mobil/custom, contohnya: filter bensin, sekring
audio, towing bar, hod pin kit, dll tidak boleh berlebihan.
24. Kalter,
blok mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor kaliper, dan tangki “tidak boleh dikrom atau poles!
Kecuali produk variasi.”
25. Pijakan
kaki/footpegs, batang footpegs, standar motor, behel, starter kick tidak boleh dikrom/poles,
kecuali dari standarnya.
26. Finishing
detail dengan cara “teknik laminasi paper model karbon dan sejenisnya” tidak
diperbolehkan, kecuali dilapis stiker atau dicat dengan matras kasa.
27. Braket
aklirik custom, engsel almari dilarang.
28. Knalpot
bisa diganti variasi, kecuali custom made dilarang.
29. Baut-baut
dan ring bisa diganti variasi atau Posh asal “Tidak boleh dikrom”.
30. Baut L
boleh, tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
31. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik,
fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”
KELAS FUNKY (NON
TRANSFER)
UMUM
1. Kelas modifikasi motor baik bebek, sport, matik / skuter, yang dimodif funky
minimalis. Tujuannya kelas ini bagi motor modif minimalis, biasa dipakai
harian.
2. Model/style
bebas, termasuk high profile, minimalis, Dub City, Hot wheels, low rider, Jap’s
Style, Retro Style, motor thailand, road race, motor ceper, dll.
3. Item
penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas,
cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi,
tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal.
BODY
4. Maksimal
“bodi masih orsi motor" dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
5. Transfer
body / kawin silang “body part” dengan varian motor apapun tidak diperbolehkan.
6. Lampu
dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis. Boleh ganti kedok merek dan
jenis lain atau style trondol. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai
spesifikasi merek standar aslinya dan wajib dipasang lampu.
7. Mencoak
bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal.
8. Aplikasi
fibertrens custom hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris dan
pendukung bodi dalam skala kecil (sebatas head lamp, visor, stop lamp dan
spatbor). Kedok buta - lampu bajak laut diperbolehkan, asal tetap memakai
lampu.
9. Aplikasi krom body diperbolehkan.
KAKI-KAKI
10. Kaki-kaki “terbatas”
dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal
pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc
dan Buell disc asesoris toko.
11. Untuk
kaki-kaki motor matik, maksimal pada penggantian asesoris seperti tabung sok,
cakram, panel kontrol, CVT boks dll.
12. Aplikasi
pengereman, maksimal dobel disc depan dan single disc belakang sebelah kanan.
Untuk matik, rem belakang bisa dipindah ke sebelah kiri.
13. Multi
kaliper dalam satu disc tidak diperbolehkan.
14. Sistem
penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
15. Orbital,
gardan, transfer system baru, cantilever, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak
diperbolehkan"
16. Untuk
matik, perubahan konstruksi monosok diperbolehkan (pro-link, center monosok,
right monosok).
17. Harus
menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek
non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
18. Untuk
matik, perubahan kaki dari 14 inchi ke diameter yang lebih besar atau lebih
kecil diperbolehkan (8/10/12/16/17 inch)
ASESORIS
19. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak
dan mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris khas
Dubcity / Hotwheels seperti blink-blink, kulit, logo, berlian, luxurius aseso
ataupun trend aseso terbaru dan fresh menambah poin penilaian.
20. Aplikasi
IBE tidak diperbolehkan, kecuali disisipkan (dimasukkan) dalam jok sebagai
pelengkap/pemanis.
21. Monel,
baut L, emblem, Swarovsky, Posh diperbolehkan.
22. Multi karbu untuk asesoris tidak diperbolehkan.
KELAS STREET RACING
1. Kelas
khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, bisa bebek / sport /
matic model racing minimalis.
2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan
mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan
performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK).
Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain
tidak diperbolehkan.
4. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta
wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
5. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match
body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit
cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan
untuk sport dan bebek).
7. Finishing maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna
dasar (bukan warna nano-nano), krom rangka diperbolehkan.
8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body,
namun tidak frontal.
9. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake
manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi,
penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
10. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor.
Pelek custom eks mobil haram!
11. Pemakaian pelek jeruji
minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji
model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau
gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single
seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan fungsional.
KELAS OLD
SCHOOL
1. Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis
motor ( bebek, sport, matic, vespa ), yang sudah mengalami perombakan dari
standarnya atau dirombak total / custom.
Maksimal kapasitas mesin 250cc.
2. Konsep dan desain harus jelas,
boleh ganti kelamin/transeksual. Bisa mengaplikasi body custom berbahan fiber
glass/plat/fiber.
3. Gaya
yang dianut bebas, boleh jap’s style, choppy cub / brat style, street
cub, prostreet, vintage, retro, goose neck,
scandinavian, bobber, cafe racer, oldschool atau low rider dll.
4. Diperuntukan
bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis sempurna,
terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif
dan komposisi/keserasian model juga diutamakan.
5. Item
penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas,
cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi,
trouble shooting, tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.
6. Rangka/chasis
utama ( main frame ) wajib disertakan. Subframe bisa dimodifikasi, atau
subframe bikinan sendiri (custom/handmade)
7. Body
bebas dimodifikasi. Style bisa fibertrend 3D, moge, embos atau lainnya. IBE diperbolehkan dlm skala
terbatas.
8. Kaki-kaki
dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, penggerak baru
tidak diperbolehkan, Penggerak/gardan custom haram, tetapi gardan eks standar
motor bisa dipakai.
9. Khusus
drive belt, timing belt dan girboks tambahan diperbolehkan.
10. Limbah
moge diperbolehkan, multi cakram, multikarbu, multi kaliper diperbolehkan.
11. Boleh
menggunakan bodypart dan lampu merek apapun.
12. Mengutamakan
modifikasi dari kaum modilover yang belum pernah ada, terutama dari segi
konsep/desain dan inovasi/penemuan terbaru.
Inovasi yang ditampilkan harus bersistem jelas, tidak asal pasang, dan
harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan). Mengutamakan performa
universal, ide kreasi baru, trend anyar dan tips trick menaklukan sebuah
masalah modifikasi motor.
13. Layak jalan dan fungsional. Dan “tidak boleh mengikuti
kelas lain dibawahnya”.
0 komentar:
Posting Komentar